7 Tempat Wisata Manado Terbaru dan Populer untuk Dikunjungi

By | Maret 14, 2020

Kota menarik di Provinsi Sulawesi Utara ini mempunyai daya tarik keindahan alam yang memesona. Tak hanya seputar wisata alam bawah lautnya, Manado masih memiliki banyak tempat-tempat wisata indah. Baru-baru ini ada tempat-tempat wisata Manado yang terbilang baru dan cukup populer karena mempunyai spot-spot foto menarik yang diburu oleh para penghobi fotografi dan penggemar swafoto. 

Berikut ini tempat wisata Manado yang menarik untuk dikunjungi

1. Mangrove Park dan Kampung Bahowo

mangrove bahowo
Mangrove Bahowo @ken56ng_

Ekowisata ini menjadi lokasi edukasi dalam rangka menyelamatkan mangrove. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan lokasi snorkeling bagus. Berbagai kekayaan alam Mangrove Park Bahowo bisa dinikmati oleh para penggemar wisata bawah laut maupun pengunjung yang ingin menikmati keindahan daratannya. Pengunjung tempat wisata Manado ini juga dapat menemukan cukup banyak jenis burung di lokasi ekowisata ini.

Selain menyajikan panorama indahnya, keunikan lain Mangrove Park yaitu mengedukasi mengenai konservasi lingkungan. Mangrove Park Bahowo menyajikan hamparan rimbun hutan Bakau yang tumbuh secara alami dan ada pula yang ditanam atas kepedulian berbagai pihak.

Di dekat Mangrove Park terdapat kampung wisata Bahowo yang lokasinya strategis karena dekat Pulau Bunaken. Di kampung Bahowo terdapat fasilitas wisata diantaranya home stay, toko souvenir, toilet umum dan lainnya.

2. Bukit Larata

wisata manado : bukit larata
Bukit Larata @ayi_dara

Wisata Manado yang satu ini berada di Desa Kinunang Kecamatan Likupang, Minahasa Utara. Tempat wisata ini terbilang baru populer. Jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari Manado ke Desa Maliambao. Kemudian berlanjut sekitar 30 menit perjalanan dari Desa Maliambao ke Desa Kinunang.

Wisatawan akan dibuat tertegun melihat keindahan pemandangan. Pada kedua sisi jalanan yang dilewati, terpancar hijaunya hamparan rumput menjulang tinggi bagai padang savana. Untuk mendapat pemandangan yang lebih indah lakukan pendakian sampai puncak bukti. Hamparan hijau bukit Larata seolah lautan hijau terhampar luas.

3. Air Terjun Kima Atas

wisata manado : air terjun kima atas
air terjun kima atas @ rediansyahwahyu

Objek wisata air Manado tak hanya lautnya. Air terjun yang menyegarkan dan indah pemandangan sekitarnya, juga dapat ditemukan di area sekitar Manado. Lokasinya hanya kurang lebih 15 km perjalanan pusat Manado atau sekitar 20 menit dengan perjalanan darat.

Di sekitar objek wisata air terjun ini tumbuh banyak pepohonan rindang sehingga udara di sana sangat segar dan alami. Air Terjun Kima Atas mempunyai 3 tingkatan yang akan memukau para pengunjung objek wisata Manado ini. Terdapat tingkat berarus deras, berarus sedang serta berarus kecil sehingga memberikan kesempatan pada pengunjung untuk bermain air dan berenang aman.

4. Kota Bunga Tomohon

kota bunga tomohon
Kota bunga Tomohon @yuszhy

Tomohon tak jauh dari pusat Kota Manado. Kawasan objek wisata Manado ini tentunya disukai oleh sebagian besar kaum hawa. Di Tomohon pengunjung bisa menemukan hamparan indah bunga-bunga berbagai jenis dan berwarna-warni.

Keindahan Tomohon kerap kali menjadi objek fotografi maupun latar berswafoto maupun foto pre wedding. Waktu berkunjung yang direkomendasikan adalah bulan Juni hingga Agustus karena pada waktu itu kebanyakan bunga bermekaran. Tomohon dikenal pula sebagai lokasi tumbuhnya bunga krisan yang terbaik kelas dunia. 

Berwisata ke Manado, terlebih bila mengunjungi Tomohon, belum lengkap jika tidak menyaksikan Tomohon IFF (International Flower Festival). Tak perlu jauh-jauh ke AS maupun Belanda untuk menyaksikan uniknya festival bunga kelas internasional ini.

Terdapat pawai mobil Tomohon IFF yang dihias rangkaian bunga cantik seperti dalam Pasadena Festival di Amerika Serikat dan Keunkenhof Festivsl di Belanda. Di tambah lagi dengan wanita-wanita cantik dengan kontum bunga yang melengkapi kecantikannya. Tomohon IFF digelar di sepanjang Jalan Raya di Tomohon, sehingga selalu berhasil menyedot perhatian banyak wisatawan domestik dan mancanrgara.

wisata manado

5. Manado Skyline Tetempangan Hill

Manado Skyline Tetempangan Hill
Manado Skyline Tetempangan Hill @eggy_patrichia

Objek wisata Manado ini berlokasi di Koha, Mandolang, Minahasa. Tepatnya di Bukit Tetempangan yang ketinggiannya mencapai 568 mdpl. Di sekelilingnya terdapat hamparan perkebunan kelapa dan cengkeh. Para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama hijau dari ketinggian.

Dari Manado Skyline pengunjung dapat menyaksikan kemegahan Gunung Lokon dan Gunung Tumpa. Rerumputan hijau terhampar dan menjadi lokasi bagus swafoto berlatar pemandangan lautan dan pegunungan indah. Pengunjung dapat pula menikmati syahdunya matahari terbit maupun terbenam. Pada malam hari, lokasi Manado Skyline kerap dikunjungi untuk menyaksikan indahnya full moon di setiap bulan.

Bagi penggemar kegiatan pemicu adrenalin, coba paralayang Manado Skyline. Ketika berada di atas ketinggian, pengunjung dapat menyaksikan panorama Pantai Teluk Manado dan Teluk Amurang nan indah. Objek wisata Manado ini disebut-sebut sebagai surganya pencinta paralayang. Manado Skyline telah menjadi lokasi paralayang kelas Internasionsl dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

6. Arung Jeram Nimanga Timbukar

Nimanga timbukar
Arung Jeram Nimanga Timbukar @thessalonicabwr

Bagi penggemar olahraga ekstrim, objek wisata Manado ini patut dikunjungi. Destinasi arung jeram ini berlokasi di Kecamatan Sonder Desa Timbukar. Rafting atau arung Jeram akan terasa lebih menantang bil dilakukan saat musim penghujan sebab debit air di sungai Nimanga lebih tinggi dan arusnya menjadi lebih kuat daripada saat musim kemarau. 

Jalur-jalur sungai Nimanga yang menjadi jalur rafting Timbukar, cukup menantang. Beberapa spot menantang di sungai Nimanfa yakni jeram cobra, golden gate dan jeram good-bye. Arung jeram Nimanga Timbukar ini mempunyai panjang lintasan kurang lebih 9 km yang dapat ditempuh sekitar 2 jam.

Soal keamanan tak perlu khawatir karena terdapat Instruktur Rafting yang menemani dan peralatan yang mumpuni. Para kapten pun sudah teruji dan pernah mengikuti kejuaraan-kejuaraan.

7. Air Terjun Kali

Air terjun kali
Air terjun kali @istikowatidyah

Para pemilik jiwa petualang, wisata Manado juga menawarkan objek wisata Air Terjun Kali. Air Terjun yang berada di Kecamatan Pineleng, Desa Kali, Minahasa ini, memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter. Waktu tempuhnya hanya sekitar 50 menit atau berjarak sekitar 15 km dari Manado. Namun perjalanan ke lokasi objek wisata air terjun, terbilang cukup menantang.

Menuju lokasi para pengunjung harus mendaki anak tangga beton berjumlah ratusan, ditambah pijakan yang licin karena ditumbuhi lumut. Ditambah lagi turunan anak tangga batu alam dan melewati beberapa pepohonan yang tumbang. Untuk sampai di lokasi air terjun, sebaiknya ditemani oleh pemandu.

Tempat wisata Manado ini merupakan salah satu yang menjadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Mengingat objek wisata ini tak jauh dari Kota Manado, sekaligus akses tempuhnya cukup menantang. Selain itu, selama perjalanan menuju lokasi pemandangan asri hutan tropis akan memanjakan wisatawan. Objek wisata ini telah dilengkapi fasilitas toilet umum dan gazebo untuk beristirahat. Ada pula rumah singgah yang menjadi penginapan favorit para backpacker.

Pesona alam di Sulawesi Utara memang luar biasa indahnya. Mulai dari bawah lautnya, pantainya, pegunungannya, sungai, danau hingga air terjunnya yang memesona. Dari banyak objek wisata Manado itu, ada yang telah dikelola baik sehingga mampu menarik lebih banyak wisatawan asing.

Anda bisa membaca tempat wisata lainnya di daerah Sulawesi seperti wisata di Toraja, terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan pada yang lain untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *