5 Cara Seru Untuk Menikmati Tempat Wisata Bajra Sandhi Renon Bali

By | Februari 8, 2020

Bajra Sandhi merupakan nama sebuah tempat wisata dimana terdapat bangunan monumen yang juga merupakan museum terkenal yang ada di Bali. Bajra memiliki arti “genta”, sedangkan Sandhi berarti “Suci”. Berada di sekitar kawasan lapangan puputan renon, monumen Bajra Sandhi merupakan salah satu ikon Bali disamping Garuda Wisnu Kencana. Bagi anda yang sedang berlibur di Bali tempat wisata ini dapat menjadi pilihan untuk anda kunjungi.

Orang sedang berfoto di depan Bajra Sandhi ketika petang
Orang sedang berfoto di depan monumen Bajra Sandhi ketika petang

Sejarah

Awal pembangunan monumen Bajra Sandhi dilakukan pada tahun 1981 sebagai simbol perjuangan rakyat Bali. Digagas oleh Gubernur Bali pada waktu itu yakni Profesor Ida Bagus Mantra, adapun arsitek pembangunan monumen ini yakni Ir. Ida Bagus Gede Yadnya yang juga merupakan pemenang kompetisi desain monumen. Walaupun sempat terhenti pembangunannya akhirnya monumen ini selesai dibangun dan diresmikan pada waktu itu oleh Presiden Indonesia yang sedang menjabat yaitu Megawati Soekarno Putri.

Lokasi dan harga tiket

Lokasi monumen Bajra Sandhi sangat strategis yakni berada di jantung kota Denpasar, tepatnya berada di Jl. Raya Puputan, Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Disekitar monumen anda bisa menemukan kantor Gubernur Bali, serta kantor-kantor pemerintah daerah.

Untuk tarif harga tiket masuk monumen Bajra Sandi sebagai berikut:

Anak TK dan SD, biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 /orang

Pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa, biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 /orang

Sedangkan orang Dewasa, biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 /orang

Namun bila anda hanya ingin menikmati suasana di sekitar monumen (tidak masuk), anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 2.000 untuk motor.

Jam buka tempat wisata Bajra Sandhi: senin-jumat pukul 08.30 – 16.30, sedangkan hari sabtu-minggu pukul 10.00 – 16.30

Rute menuju monumen Bajra Sandhi.

Dari Terminal Ubung

Jarak dari terminal ubung ke Bajra Sandhi 7,5 Km ditempuh dalam waktu kurang lebih 22 menit. Rute menuju monumen Bajra Sandhi sangat strategis karena letaknya di pusat kota Denpasar. Bila anda berada di terminal Ubung anda menuju ke jalan Gatot Subroto, setelah itu menuju ke jalan HOS Cokroaminoto, kemudian melalui jalan Sutomo, selanjutnya anda menuju ke arah lapangan puputan Badung, dari situ anda menuju ke jalan Letda Reta, kemudian menuju jalan Letda Tantular dan lurus saja hingga ke jalan Cok Agung Tresna, selanjutnya ke arah selatan melalui jalan Kusuma Atmaja maka anda akan sampai ke Bajra Sandhi.

Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai

Jarak dari bandara menuju monumen berjarak 16,4 Km yang bisa ditempuh kurang lebih 32 menit.  Adapun Rute dari bandara menuju monumen Bajra Sandhi yaitu langsung saja setelah keluar dari bandara menuju tol Mandara, kemudian melalui jalan raya pelabuhan Benoa, setelah itu melalui by pass Ngurah Rai, dari sana selanjutnya anda menuju jalan Tukad Balian yang kemudian lanjut ke jalan raya puputan, maka anda akan sampai ke lapangan puputan dan dari situ anda akan melihat monumen Bajra Sandhi.

Hal seru yang bisa kamu lakukan di Bajra Sandhi

1. Belajar sejarah Bali dengan masuk museum Bajra Sandhi

Mengunjungi bali tidak lengkap rasanya bila tidak belajar tentang sejarahnya. Untuk belajar tentang sejarah maupun budaya Bali maka mengunjungi museum Bajra Sandhi merupakan pilihan yang tepat. Anda hanya perlu membeli tiket masuk dengan harga yang terjangkau seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Monumen Bajra Sandhi dibagi menjadi tiga bagian antara lain Nistaning Utama Mandala, kemudian Madyaning Utama Mandala, dan Utamaning Utama Mandala, lebih rincinya sebagai berikut:

Nistaning Utama Mandala

Pada bagian Nistaning Utama Mandala yang merupakan lantai dasar, disini anda akan menjumpai koleksi foto-foto perjuangan rakyat Bali pada jaman dahulu, kemudian disini anda akan melihat telaga Puser Tasik. Selain itu disini anda juga toilet, ruang informasi, maupun ruang perpustakaan.

Madyaning Utama Mandala

Di bagian Madyaning Utama Mandala yang berada di lantai dua anda bisa melihat berbagai diorama yang menjelaskan bagaimana suasana Bali baik pada masa prasejarah, sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia. Tergambar juga bagaimana perjuangan rakyat Bali dalam menentang penjajahan.

Utamaning Utama Mandala

Di bagian Utamaning Utama Mandala anda bisa menikmati suasana kota Denpasar dari atas ketinggian lantai tiga.

2. Berfoto di depan megahnya monumen dengan arsitektur khas Bali

Bangunan Bajra Sandhi dibangun dengan megah dan menjulang setinggi 45 meter, sehingga menjadi salah satu spot foto yang bagus. Anda cukup berdiri di kawasan lapangan sekitar monumen maka anda akan mendapatkan spot foto megahnya monumen Bajra Sandi dibelakang anda. Bila anda ingin mendapatkan gambar lebih bagus anda bisa masuk ke area monumen. Didalamnya terdapat banyak spot foto bagus dengan latar arsitektur dan ukiran-ukiran khas Bali.

3. Berwisata sambil berolahraga di sekitar monumen

Orang-orang sedang berolahraga ada yang lari maupun jalan santai di sekitar lapangan renon

Bila anda ingin menikmati keindahan monumen Bajra Sandhi sambil berolahraga, maka sore hari merupakan waktu yang sangat tepat. Biasanya pada waktu tersebut di kawasan lapangan puputan renon akan dikunjungi oleh banyak orang termasuk wisatawan mancanegara yang sedang melakukan aktivitas berolah raga seperti joging, kemudian bermain sepak bola, dan olah raga lainnya. Selain menikmati keindahan kawasan monumen, sambil berolahraga akan membuat badan anda menjadi lebih bugar.

4. Bersantai menikmati suasana lapangan puputan renon dengan duduk di rerumputan yang hijau

Bagi anda yang tidak ingin masuk ke area monumen, anda bisa menikmati suasana lapangan puputan Renon. Kawasan disekitar lapangan telah ditata dengan sangat baik dengan banyaknya pepohonan rindang sehingga dapat menjadi tempat berteduh dan sejuk. Kemudian di kawasan tersebut juga sudah ada kran yang airnya bisa langsung diminum.

5. Bila beruntung, anda bisa melihat orang-orang sedang berlatih tarian Bali

Wanita sedang berlatih tarian Bali di sekitar monumen Bajra Sandhi
Para wanita sedang berlatih tarian Bali di sekitar monumen Bajra Sandhi

Ketika sore hari banyak orang beraktivitas di sekitar monumen Bajra Sandhi, bila anda beruntung, anda akan bisa menemukan para wanita Bali sedang berlatih tarian Bali yang diiringi alunan musik khas Bali. Apabila anda membawa kamera maka bisa diabadikan dengan latar monumen sehingga menghasilkan foto yang bagus.

Demikianlah artikel mengenai wisata Bajra Sandhi yang terletak di kawasan lapangan puputan Renon, semoga bermanfaat bagi anda yang menempatkan tempat wisata tersebut menjadi salah satu destinasi anda ketika mengunjungi pulau Dewata. Anda juga bisa membaca artikel lainnya mengenai tempat wisata yang ada di Bali.

Bajra Sandhi ketika malam nampak bule sedang melakukan aktivitas berolahraga

Jangan lupa pula membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca, Terima Kasih. Salam Wisata, jangan lupa wisata supaya bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *