9 Wisata Edukasi di Jogja Yang Hits dan Populer Dikunjungi

By | Maret 6, 2020

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik dan populer untuk dikunjungi. Tidak heran banyak orang mengunjungi daerah yang kental dengan budaya Jawa ini untuk berlibur atau menghabiskan waktu akhir pekan.

Tempat-tempat wisata yang ada di Jogja beragam baik wisata alam maupun wisata edukasi dimana kita bisa berkunjung sambil belajar tentang sejarah, budaya, adat istiadat, mempelajari alam, atau yang lainnya. Oiya Jangan lupa sebelum berkunjung persiapkan kamera dan perlengkapan untuk mengabadikan momen-momen yang menarik ya.

Wisata Edukasi di Jogja

Berikut ini adalah 9 tempat wisata edukasi di jogja yang menarik dikunjungi dan dapat membuka wawasan kita:

1. Belajar Budaya Jawa – Kraton Yogyakarta

wisata edukasi jogja : kraton
Kraton Yogyakarta @yuli_banyungleri

Kraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata Edukasi yang populer di Yogyakarta. Hingga saat ini Kraton masih digunakan oleh Sultan yang sekaligus menjadi Gubernur Jogja sebagai tempat tinggal. Disini anda dapat melihat keindahan bangunan dengan arsitektur Jawa, kemudian mempelajari budaya Jawa, melihat koleksi barang-barang yang kaya akan sejarah, serta pada momen-momen tertentu bila beruntung, anda juga bisa menyaksikan tarian yang biasanya dipentaskan di Kraton.

Letak kraton Jogja berada di jantung pusat kota Yogyakarta, dari stasiun Tugu hanya perlu menuju ke selatan melalui jalan Malioboro. Untuk menuju tempat tersebut anda bisa menggunakan kendaraan atau jalan kaki mengingat jaraknya tidak terlalu jauh. Sesaimpainya di titik nol Km, anda sudah bisa melihat halaman Kraton yang nampak pula didepannya terdapat Alun-alun utara.

Alamat: Jalan Rotowijayan No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, DIY

Situs: Kraton Jogja

2. Belajar Sejarah Perjuangan Bangsa – Museum Benteng Vredeburg

wisata edukasi jogja : benteng vredeburg
benteng Vredeburg @rischaandry

Tempat wisata edukasi Jogja berikutnya adalah museum benteng Vredeburg. Benteng ini awalnya merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda untuk pertahanan. Di dalam benteng terdapat bangunan-bangunan yang awalnya untuk ruang penjaga, ruang menyimpan senjata, maupun ruang tahanan.

Seiring perkembangan jaman saat ini benteng Vredeburg dijadikan museum sejarah perjuangan Indonesia. Di dalam museum anda disuguhkan berbagai diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia baik sebelum kemerdekaan hingga perjuangan setelah Indonesia merdeka.

Bila anda ingin pergi ke Jogja sambil mempelajari sejarah maka tempat wisata benteng Vredeburg adalah salah satu tempat yang anda kunjungi. Disini selain anda belajar anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di bangunan benteng yang bergaya kolonial. Dari atas benteng anda juga bisa melihat titik nol Km yang dihiasi bangunan bersejarah.

Letak Museum Benteng Vredeburg sangat strategis yakni berada di kawasan titik nol Km Jogja. Anda hanya tingga berjalan ke utara beberapa meter maka anda sudah bisa melihat pintu masuk benteng. Di seberang jalan depan benteng kita bisa melihat Istana Negara Yogyakarta.

Alamat: Jalan Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY

Situs: Museum Benteng Vredeburg

3. Mempelajari Ragam Fauna – Kebun Binatang Gembira Loka

wisata edukasi jogja : gembira loka
Gembira Loka @canggih_507

Wisata edukasi di Jogja selanjutnya adalah kebun binatang Gembira Loka. Pada sejarahnya Gembira Loka pertama kali digagas oleh Sri Sultan HB VIII, kemudian direalisasikan Sri Sultan HB IX, walaupun sempat terhenti sekian lama akhirnya kebun binatang tersebut selesai dibangun dan kini bisa dinikmati oleh semua orang.

Di tempat ini anda bisa melihat dan mempelajari berbagai koleksi binatang, mulai dari binatang yang hidup di air, darat, hingga binatang yang bisa terbang, mulai dari binatang yang bisa dipelihara hingga binatang buas. Selain disuguhkan dengan koleksi binatangnya, di kebun binatang Gembira Loka juga terdapat spot menarik untuk berfoto maupun bersantai dengan keluarga tercinta.

Rute menuju kebun binatang Gembira loka cukup mudah, dari nol Km kita hanya perlu lurus ke timur kurang lebih 20-30 menit hingga menemukan Gajah Wong. Dari situ anda sudah bisa melihat papan petunjuk kebun binatang Gembira Loka.

Alamat: Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, DIY

Situs: Gembira Loka

4. Melihat Koleksi Peninggalan Masa Kerajaan – Museum Ullen Sentalu

ullen sentalu
Ullen Sentalu @garnetayup

Wisata edukasi Jogja selanjutnya adalah Museum Ullen Sentalu yang memiliki kepanjangan “Ulating blencong sejatine tataran lumaku”. Merupakan salah wisata edukasi di Yogyakarta yang didalamnya berisi peninggalan berbagai koleksi seni maupun benda-benda bersejarah dari kerajaan Mataram yang terpecah menjadi Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, dan Praja Mangkunegaran.

Letak museum Ullen Sentalu berada di kawasan Kaliurang, rute untuk menuju kesana, dari dari tugu Jogja atau sekitarnya, anda menuju ke utara hingga ring road utara kemudian belok kanan hingga sampai ke perempatan Kentungan. Dari situ kemudian belok kiri maka anda sudah sampai di jalan Kaliurang maka tingga ke utara lurus saja kurang lebih 30-40 menit maka akan sampai di Gereja Katholik St Maria Assumpta, setelah gereja pilih jalan Pakem-Turi lalu lurus saja ke barat sampai ke jalan Boyong lurus saja ke utara maka anda akan sampai di museum Ullen Sentalu.

Sebelum anda pergi ke museum Ullen Sentalu jangan lupa untuk membawa jaket karena di kawasan Kaliurang memiliki suhu yang cukup dingin, serta tentunya membawa perlengkapan untuk mengabadikan keindahan keindahan museum dan tempat sekitarnya.

Alamat: Jalan Boyong No.Km 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY

Situs: Museum Ullen Sentalu

Wisata Edukasi Jogja
Wisata Edukasi Jogja

5. Belajar Tentang Vulkanologi – Museum Gunung Merapi

Museum gunung merapi
Museum gunung merapi @ian_5.10

Bagi anda yang tertarik belajar tentang gunung api dan kebetulan sedang di Jogja, maka anda bisa mengunjungi museum Gunung Merapi. Disini anda akan menemukan berbagai informasi dan fenomena pada gunung Merapi yang kita tahu merupakan salah satu gunung berapi yang sangat aktif di Indonesia.

Untuk sampai ke museum Gunung Merapi dari tugu Anda bisa menuju ke utara hingga ringroad setelah itu belok ke arah kanan hingga anda menemukan perempatan Kentungan maka selanjutnya belok ke arah kiri atau utara maka anda sudah sampai jalan Kaliurang. Dari situ anda hanya lurus saja ke utara kurang lebih 30 menit selanjutnya belok kiri ke arah jalan Banteng selanjutnya belok kanan menuju arah jalan Museum Gunung Merapi maka anda akan sampai.

Alamat: Jalan Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY

Situs: Museum Gunung Merapi

6. Belajar Ilmu Pengetahuan Dengan Menyenangkan – Taman Pintar

Taman Pintar
Taman Pintar @ibrsewalensa

Wisata edukasi Jogja selanjutnya adalah taman pintar. Disini anda dapat melihat menariknya ilmu pengetahuan yang dikemas dengan cara yang menyenangkan. Di taman pintar derdapat berbagai wahana seperti planetarium, kampung kerajinan, perpustakaan, wahana bahari dan wahana lainnya yang dijamin menarik.

Letak Taman Pintar berada dekat dengan kawasan nol Km, dari titik nol km kita hanya perlu ke timur dengan jalan kaki maka di utara jalan akan terlihat pintu masuk Taman Pintar. Tempat ini biasanya selalu ramai dikunjungi baik keluarga ataupun sekolah-sekolah yang sedang melaksanakan studi wisata di Jogja.

Alamat: Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY

Situs: Taman Pintar

7. Mengenal Dunia Penerbangan – Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara
Museum Dirgantara @primaayucahyani

Merupakan salah satu wisata edukasi di yogyakarta terutama bagi anda yang tertarik denan dunia kedirgantaraan. Di tempat ini anda bisa melihat koleksi pesawat terbang dari mulai yang kecil hingga ukuran besar. Selain melihat pesawat terbang anda juga bisa mempelajari sejarah TNI angkatan udara dari masa ke masa.

Lokasi museum Dirgantara berada di kompleks perumahan TNI angkatan udara, bila anda berada di titik nol km, anda hanya perlu menuju ke timur lurus melalui jalan Kusumanegara hingga menuju jalan ringroad. Sampai jalan ringroad anda belok kiri ke arah utara maka kita akan menemukan pintu masuk kompleks TNI AU di seberang jalan.

Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY

Situs: Museum Dirgantara

8. Mengenang Perjuangan Bangsa Indonesia – Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja kembali
Monumen Jogja kembali @robiiiee_

Monumen Jogja kembali merupakan museum dimana kita bisa belajar mengenai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Monumen yang ada di Sleman ini berisi berbagai diorama yang mengisahkan perjuangan para pahlawan menentang penjajah. Monumen ini didirikan untuk memperingati Yogyakarta pernah menjadi Ibu Kota Indonesia.

Cara menuju museum Jogja Kembali cukup mudah, dari Tugu Jogja anda tinggal ke utara hingga jalan ringroad. Setelah sampai ringroad belok kiri ke arah barat maka anda akan menemukan bangunan monumen dan pintu masuknya di utara jalan yang berbentuk kerucut.

Alamat: Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY

Situs: Monumen Jogja Kembali

9. Mempelajari Peninggalan Masa Lalu – Museum Sonobudoyo

Museum sonobudoyo
Museum sonobudoyo @saallyn

Bagi anda yang tertarik mempelajari benda-benda peninggalan bersejarah, maka museum Sonobudoyo bisa menjadi pilihan. Disini anda dapat menemukan berbagai benda pada masa lalu seperti keris, patung, ukiran-ukiran , benda-benda untuk upacara keagaamaan, ataupun benda bersejarah lainnya yang ditata dengan baik dengan tempat yang nyaman.

Letak museum Sonobudoyo berada di kawasan titik nol Km Jogja, sehingga mudah diakses. Dari Jalan Malioboro anda hanya menuju ke keselatan maka anda akan sampai di perempatan titik nol km dengan beberapa bangunan bersejarahnya. Dari titik nol km anda bisa menuju ke selatan jalan kaki, maka di kanan jalan anda akan melihat penanda tulisan Sonobudoyo. Untuk pintu masuk museum bisa diakses dari pintu selatan.

Alamat: Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY

Situs: Museum Sonobudoyo

Demikian wisata edukasi Jogja semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dan wawasan kita. Anda juga bisa membaca wisata terbaru di jogja, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *