5 Tempat Wisata Terbaru Di Jogja Yang Sedang Hits di Tahun 2020

By | Januari 17, 2020

Siapa yang tidak mengenal Jogja, banyak orang tentu sudah tahu kota pelajar tersebut. Selain mendapat julukan kota pelajar, Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer yang ada di Indonesia. Namun tahukan anda bahwa di Jogja tidak hanya terdapat tempat wisata yang selama ini kita kenal seperti Malioboro, Tugu, Kraton, Pasar Bringharjo, dan Tamansari saja lho, ternyata terdapat tempat wisata terbaru Jogja lainnya yang hits dan patut untuk dikunjungi.

Berikut ini 5 tempat wisata Jogja terbaru dan hits di tahun 2020

1. Bersantai Menanti Senja di Bendung Kamijoro

wisata terbaru jogja : bendungan kamijoro
Bendungan Kamijoro @annisafitrianna

Bendung Kamijoro merupakan sebuah bendungan baru yang membendung sungai Progo di perbatasan antara Bantul dan Kulon Progo. Bendungan ini berfungsi untuk keperluan mengairi pertanian dan menyediakan air baku bagi masyarakat yang ada di wilayah Bantul dan Kulon Progo. Bendungan ini dibangun oleh pemerintah dan belum lama ini diresmikan oleh Presiden Indonesia.

Selain menjadi pengairan bagi ladang-ladang, saat ini Bendung Kamijoro menjadi tempat wisata baru di Jogja yang banyak dikunjungi. Banyak orang-orang Jogja dan sekitarnya berkunjung di tempat ini untuk berfoto menikmati pemandangan sungai dari atas, selain itu di bendungan juga dibangun fasilitas taman bermain dan tempat untuk sekedar berjalan-jalan. Bagi anda yang letih atau lelah setelah perjalanan tenang saja karena tersedia juga warung-warung yang menjual aneka makanan.

Bendungan Kamijoro dapat ditempuh dari Kota Jogja kurang lebih selama 1 jam. Rutenya yakni dari Kota Jogja anda hanya tinggal ke arah barat menuju jalan Wates, setibanya dijalan Wates lurus saja ke barat ikuti jalan besar hingga mencapai perempatan Sedayu, kemudian belok kiri pada jalan tersebut maka anda akan sampai di jalan Argorejo. Dari Jalan Argorejo anda ikuti saja terus jalan tersebut maka anda akan menemukan papan penunjuk arah Bendungan Kamijoro.

Lokasi: Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, DIY

Biaya tiket masuk: gratis, hanya bayar parkir saja sebesar Rp. 2000

2. Mempelajari Sejarah Jawa di Museum History Of Java

wisata terbaru jogja : history of java
Halaman museum History Of Java @gielang090490

Tempat wisata Jogja terbaru lainnya adalah Museum History Of Java, museum tersebut belum lama dibuka dan merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang wajib untuk dikunjungi. Pada museum ini terdapat berbagai macam koleksi benda kuno bersejarah yang berkaitan dengan pulau Jawa.

Salah satu spot foto menarik di museum History Of Java @ gielang090490

Selain melihat berbagai koleksi yang dapat membuka wawasan anda, di Museum History Of Java anda bisa berfoto menikmati suasana museum yang ditata sedemikian indah dengan bangunan-bangunan yang instagramable dijamin anda tidak akan bosan.

Rute untuk menuju ke Museum History Of Java yakni dari pusat Kota Jogja langsung saja menuju ke perempatan pojok benteng kulon, kemudian lurus saja ke selatan terus mengikuti jalan Parangtritis tidak lama di kiri jalan anda akan menemukan Museum History Of Java dengan bangunan berupa piramid.

Lokasi: Jl. Parangtritis Km 5,5, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, DIY

Biaya tiket masuk: Rp. 30.000 (domestik) dan 50.000 (wisatawan asing)

3. Menikmati Keindahan Jogja Dari Atas Ketinggian di HeHa Sky View Patuk

wisata terbaru jogja : heha sky view
HeHa Sky View @hehaskyview

Tempat wisata terbaru Jogja selanjutnya yaitu HeHa Sky View. Berada di atas ketinggian, HeHa Sky View merupakan tempat wisata baru di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Walaupun belum lama dibuka untuk umum, namun saat ini wisata ini sudah hits sehingga banyak dikunjungi masyarakat d ari berbagai daerah. Di tempat wisata ini menawarkan pemandangan panorama Kota Yogyakarta yang indah dari atas ketinggian.

Di HeHa Sky View anda bisa berfoto dengan latar pemandangan yang memikat hati, tidak hanya itu di tempat tersebut anda bisa juga berwisata kuliner dengan menikmati sajian makanan yang menggugah selera sambil ditemani orang yang anda sayangi.

Untuk mencapai tempat wisata HeHa Sky View cukup mudah, bila dari Kota Jogja anda perlu berjalan ke timur hingga ringroad arah jalan Wonosari. Kemudian lurus ikuti saja jalan Dlingo-Patuk hingga naik, maka anda akan menemukan gapura besar selamat datang di Kabupaten Gunung Kidul. Dari situ anda sudah bisa melihat tempat wisata yang menjadi tujuan anda karena bangunannya yang tinggi.

Lokasi: Jl. Dlingo-Patuk, Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY

Biaya tiket masuk: Rp. 10.000

4. Mengunjungi Tempat Keren Untuk Syuting Film di Studio Alam Gamplong

wisata terbaru jogja : Studio Alam Gamplong
Studio Alam Gamplong @eksotika_jogja

Di Jogja terdapat tempat wisata berupa studio alam yang cukup luas yang terletak di Kabupate Sleman. Wisata baru ini awalnya didirikan untuk keperluan syuting film yang disutradarai Hanung Bramantyo. Disini anda dapat menemukan sebuah kompleks dengan bangunan-bangunan yang indah yang dipergunakan untuk lokasi syuting film, contoh salah satunya adalah Bumi Manusia.

Di studio Gamplong anda dapat melihat berbagai bangunan semi permanen dengan arsitektur jawa maupun arsitektur barat yang digunakan untuk mendukung pembuatan film. Bagi anda yang datang ke studio Gamplong jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah.

Rute untuk menuju studio Gamplong cukup mudah, dari titik 0 Km pusat kota Jogja ke barat menuju jalan Wates, kemudian setibanya di pertigaan Klangon belok ke kanan lurus menyeberangi jembatan rel kereta api, selanjutnya belok kiri. Ikuti jalan tersebut hingga anda melihat sebuah lapangan selanjutnya ambil jalan sebelah kiri maka anda akan menemukan lokasi Studio alam Gamplong.

Lokasi: Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY

Biaya tiket masuk: Seiklasnya pada kotak sumbangan.

5. Spot Foto Yang Memikat Hati di Merapi Park “ The World Landmarks”

wisata terbaru jogja: Merapi Park “ The World Landmarks”
Merapi Park “ The World Landmarks” @_ratnadewiaa

Sekarang di Jogja ada lho spot menarik dimana anda bisa melihat berbagai miniatur bangunan ikonik di dunia ada di satu tempat, namanya adalah Merapi Park “ The World Landmarks”. Disini anda tidak perlu untuk keliling dunia untuk melihat landmarks terkenal di berbagai negara.

Di Merapi Park “ The World Landmarks anda akan melihat bangunan-bangunan terkenal contohnya seperti menara Eiffel yang ada di Perancis, menara miring Pisa yang ada di Italia, Big ben yang ada di Inggris, Patung Liberty yang ada di Amerika Serikat, dan bangunan-bangunan terkenal lainnya dalam satu kawasan.

Selain melihat bangunan-bangunan indah disini anda juga bisa melihat pemandangan alam di sekitar lereng gunung Merapi yang hijau dan masih alami. Kemudian anda juga dapat merasakan sejuknya udara dikarenakan tempat wisata ini berada di atas ketiggian.

Rute untuk menuju Merapi Park “The World Landmarks” cukup mudah, dari Kota Jogja anda hanya perlu ke arah utara menuju jalan Kaliurang. Kemudian dari jalan Kaliurang lurus saja ke utara mengikuti jalan kaliurang hingga tiba di pertigaan yang ada papan penunjuk arah Museum Gunung Merapi, kemudian belok kiri dan ikuti papan petunjuk arah menuju Merapi Park “The World Landmarks”.

Lokasi: Jl Kaliurang Km 25, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY

Biaya tiket masuk: Rp. 15.000

wisata terbaru jogja
Infografik wisata jogja terbaru

Demikianlah tempat wisata terbaru Jogja, Anda juga dapat membaca artikel tentang tempat wisata menarik lainnya seperti contohnya tempat wisata di Bangka Belitung. semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi agar dapat menjangkau masyarakat lebih luas, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *