22 Tempat Wisata Populer Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi

By | Oktober 11, 2019

Wisata Toraja saat ini terkenal baik di Indonesia maupun mancanegara. Toraja merupakan sebuah wilayah yang terbagi atas Kabupaten Tana Toraja dengan ibu kota Makale, dan Kabupaten Toraja Utara dengan ibu kota Rantepao. Daerah ini berada di provinis Sulawesi Selatan yang keindahan dan eksotismenya telah terkenal hingga mancanegara.

wisata toraja : tongkonan
Tongkonan rumah adat Toraja

Tidak mengherankan jika kemudian wilayah ini sering menjadi tujuan wisata di akhir pekan atau libur panjang. Banyak sekali destinasi wisata Toraja yang menawarkan pesona keindahan alam hingga budaya yang sangat kental untuk dipelajari lebih mendalam.

Perjalanan menuju wilayah Toraja ini memerlukan setidaknya 8-9 jam dari Kota Makassar yang ditempuh dengan bus ataupun mobil pribadi. Sedangkan untuk jalur udara memakan waktu 45 menit dengan tiket yang sangat mahal. Namun demikian, hal ini tidak menyurutkan wisatawan yang sangat ingin mengeksplorasi keindahan wisata Toraja tersebut.

Rekomendasi Daftar tempat wisata populer di Toraja

Bagi Kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Tana Toraja, disebutkan bahwa wilayah ini menawarkan banyak sekali eksotisme pemandangan alam dan budaya yang begitu mengaggumkan. Untuk Kamu yang pertama kali melakukan perjalanan wisata Toraja, Kamu bisa singgah di beberapa lokasi wisata berikut ini.

1. Wisata Tradisi Ma’nene

wisata toraja : tradisi ma'nene
Tradisi Ma’nene

Untuk Kamu yang singgah di lokasi wisata Toraja di pedalaman Toraja Utara, Kamu bakalan menyaksikan tradisi ma’nene yang melibatkan prosesi penggantian baju mayat leluhur yang telah meninggal. Tradisi ini sudah sangat populer hingga mancanegara dan masyarakat menganggap jika jenzah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan mereka yang masih hidup.

2. Upacara Rambu Solo

wisata toraja : rambu solo
Upacara Rambu Solo

Masih berada di Tana Toraja, untuk wisata di Toraja selanjutnya adalah upacara Rambu Solo yang menjadi ritual penguburan khusus di kala ada orang yang meninggal. Dalam kepercayaannya, orang meninggal dianggap sebagai orang sakit dan terus dilakukan perawatan hingga disediakan rokok, makanan, sirih serta berbagai sesajen. Upacara ini dilakukan demi menghindari adanya kemalangan dan bencana bagi orang yang ditinggalkannya.

3. Kete Kesu

wisata toraja : kete kesu
Kete Kesu

Untuk kawasan wisata di Toraja yang sarat akan nilai keindahannya bisa Kamu saksikan di Kete Kesu. Berlokasi di Kabupaten Toraja Utara, desa ini memiliki daya tarik berupa banyaknya rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan, hijaunya persawahan dan pemandangan alam yang eksotis. Di lokasi ini juga menjadi tempat penyimpanan berbagai barang purbakala sekaligus jenazah yang belum dikuburkan. Sangat cocok untuk Kamu yang penasaran dengan adat, budaya masyarakat Toraja.

4. Londa

wisata toraja : londa
Londa

Masih berkaitan dengan wisata mistis yang ada di Tana Toraja. Untuk Kamu yang tertarik dengan destinasi wisata Toraja lainnya, Kamu bisa pergi ke Londa yang ada di tebing batu. Berada di 7 km sebelah selatan Kota Rantepao, Londa menawarkan udara yang lebih sejuk dengan perpaduan nuansa yang mistis. Di sini, Kamu bakalan menyaksikan peti mati dan patung kayu yang menjadi symbol atas orang yang meninggal. 

5. Batutumonga

wisata toraja : batutumonga
Batutumonga

Batutumonga menjadi destinasi wisata Toraja yang menawarkan pemandangan Gunung Sesean. Berjarak 24 km dari wilayah Kota Rantepao, tempat wisata ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin menikmati indahnya pemandangan Tana Toraja dari ketinggian tertentu. Tidak mengherankan jika ini dikenal dengan negeri di atas awan. Keindahan sawah, pedesaan dan hamparan kabut tipis menjadi daya tarik tersendiri.

6. Bori Parinding

wisata toraja : bori parinding
Bori Parinding

Budaya Tana Toraja memang sangat erat dengan Bori Parinding yaitu makan batu kuno yang ada di lereng Gunung Sasean. Untuk menikmati wisata Toraja ini, Kamu bisa pergi ke Kecamatan Sesean serta Lo’ko Mata yang ada di Kecamatan Sesean Suloara. Di bangun sejak 1717, Bori Parinding merupakan pemakaman kuno bagi masyarakat keturunan Ramba.

7. Ranteallo

wisata toraja : ranteallo
Kerbau Toraja

Untuk selanjutnya, Kamu bisa berkunjung ke destinasi wisata Toraja yang dikenal dengan Ranteallo. Sebuah peternakan kerbau belang atau Kerbau Tedong Saleko bernilai 1 miliar ini menjadi daya tarik wisatawan. Berada di Ranteallo, wisata ini juga menawarkan pemandangan peternakan babi di setiap area pemukiman warga. Hal menarik dari kerbau ini adalah matanya yang berwarna coklat atau hitam dengan tanduk kuning keemasan.

8. Museum Ne’ Gandeng

wisata toraja : museum ne gandeng
Museum-Ne’-Gandeng

Berada di Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan, Balusu, Toraja, wisata Toraja selanjutnya adalah wisata Toraja Museum Ne’Gandeng. Museum ini dimiliki oleh Yayasan Keluarga Ne’Gandeng yang menjadi tetua dari Tana Toraja dan meninggal pada 3 Agustus 1994 silam. Konon, semasa hidupnya Ne’Gandeng sangat peduli dengan masyarakat sekitar dan memperjuangkan masuknya listrik ke desa dengan menjual kerbau. Museum ini dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi leluhur.

9. Pallawa

wisata toraja : pallawa
Tongkonan Palawa

Setelah berkunjung ke Museum Na’Gandeng, Kamu bisa singgah ke Pallawa. Di sini, Kamu bisa menyaksikan Tongkonan yang menjadi tempat untuk menyimpan mayat masyarakat Toraja sebelum dimakamkan. Tebuat dari bambu dan tersusun layaknya kapal, rumah adat ini sangat fenomenal dan juga memiliki bagian-bagian layaknya rumah pada umumnya dengan satu bagian digunakan untuk menyimpan mayat.

10. Air Terjun Sarambu Assing

wisata toraja : Air Terjun Sarambu Assing
Air Terjun Sarambu Assing

Lelah menikmati nuansa mistis wisata Toraja, kali ini Kamu diajak menikmati indahnya pemandangan alam di Air Terjun Sarambu Assing. Di sini, wisatawan bisa menikmati segarnya air yang jatuh dari ketinggian 40meter. Untuk akses menuju lokasi ini terbilang sangat mudah karena bisa dijangkau dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sekalipun belum dikenal luas, namun daya tarik wisata ini patut untuk dinikmati. 

11. Air Terjun Kalean

wisata toraja : Air Terjun Kalean
Air Terjun di Kalean

Berlokasi di Desa Kalean, Kecamatan Mengkendek, Toraja, terdapat destinasi wisata Toraja yang sangat menarik. Dikenal dengan sebutan air terjun Kalean, wisata ini menawarkan pesona air terjun 7 tingkatan dengan udara yang sangat sejuk. Di setiap kunjungannya, wisatawan bisa menikmati aktivitas berenang di aliran air terjun tersebut sembari menikmati pemandangan hijau di sekitarnya. Di akhir pekan dan libur panjang, wisata ini sangatlah ramai.

Baca Juga: Tempat Wisata Terbaru Di Jogja

12. Wisata Ollon

Wisata Ollon

Berada di Bau, Bonggakaradeng, wisata Toraja yang dikenal dengan wisata Ollon ini menawarkan pemandangan bukit hijau yang sangat luas. Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menghabiskan waktu dengan berkemah sembari menikmati indahnya pemandangan alam. Selain itu, lokasi ini juga digunakan spot untuk foto pre-wedding yang akan menghasilkan jepretan kamera yang fantastis.

13. Marante Tondon

Marante Tondon

Untuk Kamu yang menggilai wisata sejarah selama berkunjung ke berbagai tempat wisata di Toraja, Kamu bisa singgah di Marante Tondon yang menjadi tempat penyimpanan benda sejarah. Lokasinya berada di Jalan Poros Makasar, Palopo. Keberadaan lokasi wisata ini tidak lain karena masyarakat Toraja sangat getol dengan keyakinannya untuk selalu melestarikan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang. 

14. Patung Yesus di Burake

Patung Tuhan Yesus Buntu Burake

Patung Tuhan Yesus merupakan sebuah patung raksasa yang ada di Toraja, tepatnya ada di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja. Di tempat ini selain melihat patung Yesus yang sangat besar, anda juga bisa melihat pemandangan Kota Makale dari ketinggian.

15. Mata Air Tilanga

Mata Air Tilanga

Merupakan kolam mata air alami yang berada di Toraja yang jaraknya kurang lebih 15 Km dari Rantepao, disini anda dapat menikmati kesegaran mata air yang sangat alami dan bersih.

16. Pango-Pango

Pango-Pango

Pango-pango merupakan salah satu agrowisata di Tana Toraja, tepatnya berada di Kelurahan Pasang, Makale Selatan. Di tempat ini anda dapat melihat pepohonan seperti pinus, kemudian melihat sunset, dan tentunya melihat gumpalan awan yang anda akan serasa berada di atas awan.

17. Lolai

Negeri di atas awan Lolai

Di Lolai anda dapat menikmati indahnya pemandangan seperti negeri di atas awan. Selain itu anda juga dapat melihat beberapa rumah adat toraja, serta menikmati matahari terbit yang sangat indah. Namun ketika menggunjungi tempat ini disarankan pagi hari dan menggunakan jaket karena suhu cukup dingin.

18. Kuburan Bayi Kambira

Kuburan Bayi Kambia

Di Toraja kaya akan budaya dari nenek moyang, salah satunya mengubur bayi pada sebuah pohon tertentu. Hingga saat ini hal tersebut masih dapat kita lihat di kuburan bayi Kambira, yang ada di Sangalla, Tana Toraja.

19. Kuburan Raja di Suaya

Makam Raja di Suaya

Di makam raja “Suaya” menyuguhkan pemandangan berupa kuburan yang berada di tebing. Makam tersebut merupakan makam raja-raja Sangalla beserta keturunanya. Obyek wisata ini sendiri berada di Kecamatan Sangala, kurang lebih 9 Km dari kota Makale.

20. Lemo

Makam Lemo

Merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Tana Toraja, tepatnya di Lemo. Disini anda dapat melihat kuburan yang berada di tebing. Selain itu anda juga dapat melihat hijaunya pemandangan di sekitar tempat wisata ini.

21. Kota Makale

Kota Makale Tana Toraja

Kota Makale merupakan ibu kota dan merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Tana Toraja. Di sini anda dapat melihat keindahan kota Tana dengan patung Yesus yang dapat dilihat dari kejauhan.

22. Kota Rantepao

Kota Rantepao Toraja Utara

Kota Rantepao merupakan ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Disini anda selain menikmati ramainya kota di Toraja Utara, juga dapat berbelanja berbagai barang seperti gantungan kunci, kain, kaos, ataupun oleh-oleh berupa makanan khas Toraja di sepanjang jalan.

Jadi, buat Kamu yang merencanakan liburan akhir pekan atau libur panjang dengan aktivitas seru yang sarat akan nilai mistis dan budaya, Kamu bisa berkunjung ke Toraja. Di sini, Kamu bakalan diajak untuk mendalami berbagai budaya yang menjadi identitas dari masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, Kamu juga berkesempatan untuk menikmati indahnya alam Toraja yang sangat eksotis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati keseruan yang ada di Sulawesi Selatan sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *